Senin, 16 Maret 2009

Sekilas Mengenai Kode Angka Wadah Plastik

·

Sering kali kita melihat wadah tempat minum atau makanan dengan warna-warna yang menarik, beberapa orang membeli wadah plastik tersebut karena memang tertarik dengan kemasan yang cukup menarik. Tidak jarang orang membeli wadah plastik itu untuk digunakan untuk menyimpan bekal makanan dan minuman anak-anak di sekolah.

Tapi tahukah Anda bahwa membeli wadah plastik memiliki trik tersendiri, jadi selain kemasan yang menarik, wadah-wadah plastik tersebut juga harus memenuhi standar kesehatan. Karena ternyata bahan plastik yang digunakan untuk membuat tempat makanan banyak mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan penyakit degeneratif bahkan dapat memicu terjadi kanker.



Sering terdengar bahwa banyak bahan makanan dan minuman yang mulai dilarang karena mengandung zat berbahaya apabila dikonsumsi oleh manusia. Tetapi kadang kita lupa, bahwa kemasan makanan juga banyak mengandung zat berbahaya yang juga dapat mempengaruhi kesehatan manusia.

Beberapa merek pembuatan kemasan makanan menempatkan kode angka dan kode daur ulang (recycle), biasanya terdapat di dasar dari kemasan.

Jika saat ini di depan anda ada sebuah tempat minum dari plastik, coba lihat di bagian bawah tempat minum anda apakah ada kode yang terlihat. Apabila tidak terdapat kode apapun, sebaiknya hentikan segera menggunakan wadah tersebut.

Secara umum, penggunaan plastik sangat membantu keseharian kita. Sebaiknya jangan menyimpan peralatan plastik terlalu lama. Jika sudah terlihat buram atau terjadi perubahan warna dan bentuk, sebaiknya langsung didaur ulang.
Mencuci wadah plastik juga sebaiknya hati-hati, sikat yang kasar dapat merusak permukaan plastik dan dapat mencemari makanan atau minuman. Hindarkan juga menggunakan plastik untuk menyimpan air panas, dan hindari penggunakan wadah makanan dari foam.

0 komentar:

Posting Komentar

 

| Selamat datang di http://sumBERitaSEHAT.blogspot.com | Mohon kesediaannya untuk memberi komentar di Artikel yang Anda baca. Terima Kasih :) | Untuk tampilan terbaik gunakan browser Mozilla Firefox |